Adsense Link 728 X 15;

BAHAYA !.. Inilah Cara Makanan Restoran Terkontaminasi Bakteri Ganas

Posted by Hi-Paint Monday, May 12, 2014 0 comments
Cara Makanan Terkontaminasi - Makanan yang terkontainasi berakibat buruk pada tubuh kita, berikut adalah cara makanan terkontaminasi agar kita selalu berhati-hati dalam menyantap suatu makanan tertentu.

Di Amerika, sekitar 44 persen orang makan di sebuah restoran setiap harinya. Dalam laporan terbaru dari Center for Science in the Public Interest (CSPI), dalam penelitian ditemukan bahwa 44 persen dari penyakit yang terkait dengan kontaminasi makanan berasal dari restoran dan 24 persen dari rumah.


Hal ini menunjukkan bahwa penyakit yang dikaitakan dengan makanan di sebabkan karena makanan yang tidak bersih misalnya dari restoran. Ada beberapa hewan pengerat seperti kecoa dan tikus dapat menjadi perantara pembawa penyakit.

Selain itu menggunakan talenan yang sama untuk makanan mentah dan matang dapat menjadi media penyebaran bakteri seperti Salmonella dan E. coli. Atau karyawan yang mengabaikan mencuci tangan mereka setelah mereka menggunakan toilet dapat menjadi penyebaran bakteri E. coli ke dalam dapur saji.

Terjadinya kontaminasi bakteri sebenarnya tak hanya terjadi pada restoran atau rumah makan dengan harga yang murah. Banyaknya pengunjung atau konsumen juga dapat membuat sanitasi dalam sebuah restoran kurang optimal.

Penggunaan bahan-bahan segar lebih rentan terhadap kontaminasi oleh bakteri karena tidak diproses atau diolah terlebih dahulu. Setelah itu bahan makanan segar harus disimpan pada suhu yang tepat dan dicuci, dipotong-potong atau dimasak dengan benar.

Dalam laporan keamanan pangan tahun 2008, CSPI mengungkapkan bahwa dalam Department Inspection Reports mereka menilai beberapa restoran yang ada di kota New York dan Los Angeles dengan harga yang lebih rendah dan tinggi yang menunjukkan bahwa restoran mahal biasanya sanitasinya lebih bersih.

Ada beberapa pelanggaran yang terjadi di restoran yang sanitasinya kurang baik seperti dalam suhu penyimpanan, karyawan tidak mencuci tangan setelah memegang daging mentah atau menggunakan toilet.

Untuk mengetahui apakah restoran itu bersih atau tidak, sebelumnya kita dapat melihat dari dapur suatu restoran dan alat makannya. Selain itu kita juga dapat mengecek melalui sosial media terhadap beberapa testimoni orang-orang mengenai restoran tertentu.

Nah, kawan-kawan artikel ini mengingatkan kita agar selalu menjaga kebersihan makanan kita, apalagi sat makan diluar perhatikan sekali kebersihan tempat kita makan, karena itu penting untuk kesehatan kita dan keluarga. Semoga artikel Cara Makanan Terkontaminasi ini dapat berguna untuk kawan-kawan semua