Adsense Link 728 X 15;

Khasiat dan Manfaat Merica Untuk Kesehatan

Posted by Hi-Paint Wednesday, September 26, 2012 0 comments
Khasiat dan Manfaat Merica Untuk Kesehatan - Rasanya hampir semua orang familiar dengan bumbu dapur bernama merica. Aroma dan rasanya tentu sudah tidak asing lagi di lidah Anda.
Khasiat dan Manfaat Merica Untuk Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Merica Untuk Kesehatan
 Namun, bagaimana dengan khasiatnya? Nampaknya tidak semua orang tahu bahwa merica memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Di Indonesia, merica yang berasal dari tanaman lada ini banyak dihasilkan di Pulau Bangka. Tanaman lada/merica tergolong tanaman merambat, daun jorong, batang berbuku-buku, daun tinggal, buah bulir dan menempel pada pokok batang lain dengan akar tempel. Tanaman lada menghasilkan rempah-rempah serba guna dalam wujud biji-bijian yang lebih sering dikenal dengan nama merica.

Merica adalah salah satu obat penyembuh sakit kepala yang ampuh. Jika sakit kepala Anda mendadak hilang setelah makan sup, coba perhatikan. Sup mengandung merica dan bahan merica inilah yang telah menghilangkan sakit kepala Anda. Merica mengandung zat kavisin yang membawa sifat pedas. Di dalam tubuh, senyawa-senyawa yang menjadi sumber rasa pedas akan bekerja meredam aktivitas otak saat menerima sinyal rasa sakit yang disalurkan dari sistem syaraf. Oleh sebab itu, beban rasa sakit yang tadinya tinggi jadi berkurang.

Merica juga tergolong senyawa pembangkit birahi/afrodisiak. Senyawa boron, calamene dan vacrol yang terdapat pada butiran buah lada dapat merangsang pengeluaran hormon androgen dan estrogen yang merupakan bekal utama pembangkit gairah seksual pada pria dan wanita. Kandungan merica juga dapat mengatasi bau keringat yang kurang sedap, haid yang kurang teratur, panas dalam, rematik, asam urat, tulang keropos, sakit gigi, asma, hernia, dan berbagai jenis penyakit kulit.

Manfaat merica untuk obat tradisional


  • Sakit kepala

Sediakan:

5 gram lada

5 butir cengkeh

5 gram biji pala

1 jari kayu manis

Cuci seluruh bahan di atas, lalu keringkan. Kemudian, tumbuk hingga menjadi bubuk dan seduh dengan air panas. Minum selagi hangat.

  • Asma/sesak napas

Ambil 10 butir merica

8 lembar daun sirih

Haluskan dan tambahkan 1 sendok teh minyak kayu putih

Aduk lalu oleskan pada tengkuk dan dada.

Itulah beberapa manfaat merica bagi kesehatan. Anda kini tidak perlu pergi ke dokter atau ke apotek hanya untuk mengobati sakit kepala yang Anda derita. Anda cukup kembali ke dapur Anda dan selesaikan masalah sakit kepala Anda.